Kamis, 24 Juni 2010

Beasiswa Bulutangkis Djarum


Berawal dari semangat Djarum yang sangat menjunjung tinggi sportifitas, semangat bersaing positif dan meraih kemenangan. Maka lahirlah Persatuan Bulutangkis Djarum, yang disingkat PB Djarum, pada 28 April 1969, di kota Kudus, Jawa Tengah.

PB Djarum berhasil melahirkan atlet-atlet bulutangkis kelas dunia. Sebutlah Liem Swie King, Kartono, Christian Hadinata, Hastomo Arbi, Hadiyanto, Heryanto, dan Hadibowo, yang pernah dijuluki The Magnificent seven of Djarum di era 1970 hingga 1980-an. Kemudian ada Ivana Lie, Kho Mei Hwa, dan Ho Djay Ging di sektor Putrinya. Pada dekade 1990 muncul sosok Hariyanto Arbi, Alan Budi Kusuma, Ardy B. Wiranata, Budi Santoso, Eddy Hartono, Rudy Gunawan, Denny Kantono, Antonius Budi Ariantho, Sigit Budiarto dan Luluk Hadiyanto. Sementara di bagian Putri ada Yuni Kartika, Yuliani Santosa, Minarti Timur, Zelin Resiana dan Ellen Angelina.

Atlet-atlet ini tidak muncul semena-mena, melainkan merupakan produk dari sebuah proses pelatihan yang panjang dan butuh banyak pengabdian waktu dan tenaga. Banyak faktor seringkali menjadi kendala seperti akses untuk mendapatkan fasilitas serta biaya kompetisi dan ketersediaan peralatan.

Beasiswa Bulutangkis, Wujud Komitmen PB Djarum

Kini, PB Djarum sebagai pecinta bulutangkis telah membangun program Beasiswa Bulutangkis guna menemukan dan membimbing bibit-bibit atlet bulutangkis yang berpotensi, hingga dapat mempertahankan prestasi gemilang bulutangkis Tanah Air.

Apa Yang Dicakup Beasiswa Bulutangkis PB Djarum?
Penginapan yang nyaman dan serba modern. Asrama untuk Putra dan Putri terpisah.
Hall latihan eksklusif dengan 16 lapangan dan 1 lapangan pasir di GOR Djarum, Jati - Kudus, dan 3 lapangan di GOR Djarum, Petamburan - Jakarta.
Penyediaan makanan dan kualitas gizi yang sempurna.
Alat dan perlengkapan bulutangkis berkualitas seperti raket dan shuttlecock.
Fasilitas penunjang lain seperti ruang fitnes, ruang serbaguna, ruang perpustakaan, ruang fisioterapi, ruang pijat/urut dan ruang internet.
Kesempatan berlatih dengan para atlet PB Djarum, pemain bulutangkis nasional dan juga mantan pemain bulutangkis kelas dunia.
Akses mendapatkan fasilitas olahraga dan pelatih bulutangkis bertaraf internasional seperti :
Pelatih Ganda : Christian Hadinata, Aryono Miranat, Sigit Budiarto, Antonius Budi Ariantho, Rudi Gunawan Haditono.
Pelatih Tunggal : Fang Kaixiang, Hastomo Arbi, Agus Dwi Santoso, Ellen Angelina.
Team Manager : Fung Permadi
Dibebaskan dari biaya pendaftaran, biaya perjalanan, dan biaya akomodasi dalam setiap mengikuti turnamen bulutangkis tingkat nasional dan internasional.

Informasi Beasiswa PB Djarum

Proses Seleksi :

PB Djarum secara rutin melakukan seleksi Audisi umum dan terbuka guna mencari bibit bulutangkis yang berpotensi. Pendaftar yang memenuhi syarat boleh mengikuti Audisi, tanpa dipungut biaya.

Calon atlet yang berhasil terseleksi Audisi akan mengikuti kegiatan pelatihan di klub PB Djarum. Salah satu syarat adalah bersedia tinggal di asrama khusus milik PB Djarum. Setiap tahun akan dilakukan seleksi lanjutan, untuk mengevaluasi kemampuan bertanding. Kelangsungan beasiswa tergantung kepada prestasi, standar latihan dan penilaian pelatih. Apabila tidak memenuhi standar yang ditentukan maka atlet tersebut akan dipulangkan dan beasiswa akan dihentikan.

PB Djarum menyeleksi secara ketat atletnya untuk dibiayai mengikuti turnamen nasional dan internasional. Penilaian kemajuan atlet dilakukan secara berkala untuk mempertahankan beasiswa yang diperoleh atlet.

PB Djarum secara konsisten melakukan audisi untuk mencari bibit atlet bulutangkis dengan program audisi umum setiap satu tahun sekali di musim liburan sekolah.
Syarat Pendaftaran Audisi Umum :
Usia 12 tahun s/d 15 tahun (putra / putri), diprioritaskan untuk usia 12 s/d 13 tahun
Foto copy akte kelahiran
Foto copy Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SD
Foto berwarna 4 x 6 (1 lembar)
Diwajibkan telah memiliki teknik dasar bermain bulutangkis yang baik dan pernah berlatih di klub bulutangkis
Mengisi Formulir Pendaftaran Download / Formulir Pendaftaran
Tanpa dipungut biaya pendaftaran
Bagi pendaftar yang dapat melengkapi persyaratan dan mendaftar sebelum hari Kamis, 1 Juli 2010 akan diproses terlebih dahulu. Pendaftaran dan daftar ulang untuk kelengkapan administrasi ditutup pada hari Kamis, 1 Juli 2010 pukul 17.00 WIB. Peserta akan mendapatkan nomor peserta (disesuaikan dengan tahun kelahiran dan nomor urut)

Tempat Audisi Umum

GOR Bulutangkis Djarum, Jati-Kudus
Jl. Raya Kudus - Purwodadi KM 0,3
(Depan Rumah Sakit Mardi Rahayu) - Kudus
Telepon : 0291 - 430 237
Fax : 0291 - 437 058
Email : recruitment@pbdjarum.com
Kontak : Eddy Prayitno, Yudi Yudono


* PB Djarum membuka kesempatan pendaftaran atlet beasiswa bulutangkis PB Djarum diluar jadwal Audisi berdasarkan bakat dan prestasi calon atlet yang penilaian dan waktu penerimaannya dilakukan oleh pelatih PB Djarum.

Perlengkapan peserta Audisi Perlengkapan yang harus dibawa untuk ikut serta di Audisi Umum : Raket, Sepatu, Pakaian Olahraga

Jadwal Pelaksanaan Audisi Umum

Jumat, 2 Juli 2010 mulai pukul 08.00 WIB s/d selesai
Penjelasan umum kepada para peserta audisi.
Pelaksanaan tanding antar peserta disesuaikan dengan nomor (berdasarkan tahun kelahiran) dan jenis kelamin, dengan materi tes, sebagai berikut :
Tahap 1, Antar peserta bertanding 10- 15 menit, dan dilanjutkan pengumuman hasil seleksi tahap 1.
Tahap 2, Antar peserta bertanding 20 menit, dan dilanjutkan pengumuman hasil seleksi tahap 2.
Sabtu, 3 Juli 2010 dimulai pukul 08.00 WIB s/d selesai
Tahap 3, Antar peserta bertanding normal (best of three) sebanyak 2 kali dengan lawan yang berbeda, dan dilanjutkan pengumuman hasil seleksi tahap 3.
Minggu, 4 Juli 2010 dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB
Tes Fisik, berupa Ladder Test dan Badminton Specific Test
(Selama mengikuti Audisi Umum tanggal 2 Juli- 4 Juli 2010 biaya akomodasi, konsumsi, dan transportasi ditanggung oleh peserta)

Karantina
Peserta yang lolos dari tes fisik akan langsung masuk karantina selama 5 hari dari Senin, 5 Juli hingga Jumat, 9 Juli 2010. Selama dalam masa karantina, PB Djarum menanggung akomodasi dan konsumsi. Peserta diwajibkan mengikuti segala tata tertib peraturan yang ditetapkan oleh PB Djarum.

Pengumuman
Pengumuman lolos audisi akan dikirimkan melalui surat, telepon, dan website www.pbdjarum.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar