Rabu, 23 Juni 2010

Tips Agar CV dan Resume On-line Sukses

Sejalan dengan makin canggihnya perkembangan teknologi, maka lahir pula-lah cara-cara baru dalam melamar kerja. Salah satunya yang mungkin sudah tidak asing bagi kita adalah CV dan resume on-line! Pada dasarnya cara penulisan baik CV online maupun yang konvensional adalah sama. Namun ada beberapa tips jitu yang dapat kita terapkan agar dapat membuat CV dan resume online kita memiliki probability atau peluang yang lebih besar agar dilirik oleh perusahaan.

Pengiriman berkas-berkas lamaran kerja melalui email atau form aplikasi on line tertentu biasanya dilakukan dan diperlukan jika kita fokus melamar suatu lowongan kerja via internet. Setelah kita kirim berkas-berkas tersebut, mungkin memerlukan waktu yang cukup lama lagi agar terindex atau dilirik oleh perusahaan. Kalaupun dilirik, mungkin jumlah perusahaan yang menemukan dan membaca CV dan resume tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi yang sebelumnya diharapkan (tidak terlalu banyak)!

Hal ini terkadang kemudian membuat kita berpikir dan bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah situs lowongan kerja atau job portal yang kita kunjungi tersebut tidak credible atau tidak professional! Dugaan ini memang tidak sepenuhnya salah, namun lebih bijak lagi jika kita meninjau dan mereview kembali format CV dan resume yang kita kirim dan optimalisasi yang telah dilakukan.

Ok, langsung saja berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna, untuk dapat mengoptimalkan peluang CV dan resume online yang kita kirim agar sukses, lebih menarik dan dilirik oleh banyak perusahaan:
Pastikan data diri kita telah terisi dengan benar dan lengkap! Biasanya sesaat setelah kita menyelesaikan pendaftaran pada sebuah situs lowongan kerja di internet, maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah melakukan log-in ke member area dari situs tersebut. Nah, sebelum kita dapat mengakses full member area tersebut, biasanya account kita akan diarahkan oleh navigasi agar melengkapi data diri personal kita. Nah lakukan tahap ini dengan benar dan lengkap! Namun sayangnya kebanyakan pelamar mengenyampingkan hal ini dan malah buru-buru untuk meng-skip hal ini guna secepatnya mengetahui info lowongan kerja yang ditawarkan. Perlu diketahui bahwa, dengan melengkapi data tersebut maka akan peluang kita untuk dapat dilirik oleh perusahaan akan semakin besar.
Jangan menyepelekan kata kunci! Apa itu kata kunci? Hmm… Pada dasarnya kata kunci disini hampir sama mekanismenya saat kita melakukan pencarian di search engine seperti Google. Kata-kata kunci ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mencari pelamar yang relevan dan sesuai yang dibutuhkan. Sebagai contoh, jika perusahaan membutuhkan seorang editor, maka biasanya kata-kata kunci yang digunakan adalah mengedit, CMS, menulis, dll. Atau jika ada perusahaan yang membutuhkan seorang programmer web, maka beberapa kata-kata kunci yang digunakan adalah firework, frontpage, php, html, dreamweaver, dll. Oleh karena itu optimalkan kriteria kata kunci yang relevan dan mewakili kemampuan kita ke dalam CV yang akan dibuat!
Kemudian jangan lupa untuk selalu melakukan kontrol dan up-date profile yang telah dibuat secara berkala. Hal ini penting dilakukan karena mengingat bahwa membuat sebuah profil bukanlah langkah yang terakhir tapi merupakan tahap awal dalam pemasaran potensi yang kita miliki di internet. Pastikan dalam profil tersebut tercantum kata-kata kunci yang relevan! Pengecekan profil secara berkala juga bertujuan agar pihak perekrut kerja melihat kita aktif dan serius dalam melamar pekerjaan (tapi ingat jangan terlalu sering juga melakukan update, cukup seminggu atau dua minggu sekali)
Kemudian, pastikan alamat dan normor kontak yang dapat dihubungi telah ditulis dengan benar. Jika kita menggunakan nomor telepon rumah, pastikan telah mencantumkan kode area tempat tinggal kita. Tentunya tidak mau bukan, sudah capek-capek memarketingkan diri via internet…echhh begitu dihubungi ternyat lose contact ha4x…..
Sebagai tambahan terakhir, jika kita telah bekerja maka usahakan jangan menggunakan email perusahaan dari tempat kerja kita yang lama. Selain hal ini tidak etis, jika ketahuan oleh pihak kantor lama maka email tersbut akan diblokir dan bahkan mungkin kita akan dipecat oleh perusahaan lama tersebut sebelum mendapatkan jenis pekerjaan yang baru.

dikutip dari http://go-kerja.com/tips-agar-cv-dan-resume-on-line-sukses/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar